Selasa, 18 April 2017

Value Seorang Guru

Sebotol air mineral dengan merek yang sama dihargai berbeda di tempat yang berbeda. Di toko kelontong mungkin hanya 2.000,- tapi di stadion atau terminal bisa dijual 4.000,- oleh pengasong. Terlebih kalau dijual di hotel bintang lima, bisa berlipat-lipat harganya. Begitupun kopi yang dijual di angkringan harganya jauh di bawah kopi yang dijual di kedai Starbuck.

Analogi ini menunjukkan bahwa lingkungan sangat mempengaruhi nilai diri seseorang. Jika seorang tinggal di lingkungan yang memiliki value tinggi, secara otomatis nilai dirinya ikut terangkat, begitupun sebaliknya.

Sekolah adalah tempat yang memiliki 'value' tinggi karena dari sanalah ditanam tunas-tunas masa depan peradaban. Dengan sebutan mulia tersebut,  diharapkan di sana ada dan akan lahir sosok-sosok yang bernilai diri tinggi. Guru, seperti apapun kondisinya, tetap mendapatkan nilai diri yang baik. Oleh karenanya,  guru itu satu profesi yang dituntut memiliki 4 kompetensi sekaligus dalam menjalankan tugasnya. Maka, guru harus terus belajar dan memperbaiki kesalahan.

#dailyteachersbriefing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar