Kamis, 08 Maret 2018

Belajar di Sawah


Pelajaran hari ini mengamati lingkungan di sekitar persawahan. Ada tiga segmen yang mereka amati, yaitu tentang tumbuhan, lingkungan dan aktivitas manusia. Hasil yang diinginkan dari pembelajaran hari ini adalah sebagai berikut; 

  1. Anak dapat menyebutkan jenis-jenis tumbuhan di sawah. Tanaman di sawah tidak hanya padi, tapi beberapa jenis tanaman juga tumbuh baik secara liar maupun sengaja di tanam. 
  2. Anak bisa membedakan suasana di waktu pagi, siang, sore dan malam. Bagi anak pra sekolah, mengenal waktu dan karakteristiknya itu penting. Misalnya pagi hari, matahari terbit dari timur, hewan-hewan keluar mencari makan, orang-orang sudah mulai berangkat bekerja, dll. 
  3. Anak dapat menyebutkan beberapa profesi manusia beserta tugas-tugasnya. Beberapa kali anak menanyakan tentang siapa itu pak tani. Dengan ditunjukkan langsung ke tempat kerjanya (red: sawah),  anak bisa mengetahui apa itu pekerjaan dan tugas petani. 

Belajar bisa dimanapun dan kapanpun saja. Yang paling penting ada tujuan pembelajarannya (learning goal) serta orangtua memiliki rencana pembelajaran sebelum mengajak anak-anak mereka keluar. Kalau perlu menyiapkan bahan atau sumber pendukung yang berkaitan dengan tema, sehingga kita bisa memberikan penguatan kepada anak terhadap lingkungan dan objek yang akan dipelajari. Selain itu, orangtua bisa memberikan jawaban yang tepat dan baik atas segala pertanyaan anak yang seringnya macam-macam tanpa diduga orangtua sebelumnya. 

Jangan membatasi ruang dan waktu belajar hanya di dalam dan waktu sekolah saja. Jadikanlah setiap yang ditemui menjadi materi pembelajaran, karena Tuhan menciptakan bumi dan seisinya ini untuk kita olah dan ambil pelajaran. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar