Minggu, 16 Desember 2018

Bersama Mas Zaky

Coba saat orang awam lihat dia, Ahamd Zaky, sedang wedangan di pinggir jalan. Pasti banyak yang mengira profesi dia hanya mahasiswa atau karyawan biasa. Penampakannya sangat biasa, tutur bahasanya sederhana dan orang-orang di sekitarnyapun demikian. Begitu low profilenya pendiri sekaligus CEO Bukalapak.com ini sehinga banyak orang tak menyangka bahwa dia adalah pengusaha sukses dengan 2.500 karyawan dengan nilai aset belas Triliun Rupiah. 

Usianya masih sangat muda yakni 32 tahun. Dilahirkan dan dibesarkan di Masaran, Sragen oleh orang tua yang menjadi sosok dibalik kesuksesannya saat ini. Seminar kemarin sangat istimewa baginya karena dibersamai oleh sosok yang melahirkan, membesarkan dan mendidiknya sejak kecil, Ibunya. 

Zaky kecil tidak jauh beda dengan kita. Main bola, mandi di sungai, mengaji di mushola menjadi keseharian dia hingga beranjak dewasa. Dari cerita masa kecilnya kemarin, nampak orang tuanya sangat memahami ilmu parenting yang baik. Zaky tidak dikekang di rumah, bahkan orang tua membiarkannya bergaul dengan siapa saja di lingkungannya. Orang tuanya percaya bahwa dia punya 'imune' atau iman yang baik sehingga tidak mudah terpengaruh oleh pergaulan yang buruk. Orang tuanya lebih banyak mendengar daripada memerintahnya anak-anaknya, sesekali memerintah dengan bahasa meminta bukan menyuruh. Dan untuk urusan masa depan anak-anaknya, orang tuanya tidak banyak intervensi. Asalkan itu baik, bermanfaat bagi banyak orang dan sesuai passion mereka. Bahkan selepas kuliah di ITB Zaky sempat jualan Mie Ayam di sekitar kampus. 

Zaky adalah salah satu dari sedikit orang yang sadar bahwa dunia terus berubah. Di revolusi industri 4.0 ini bukalapak.com menjadi agen perubahan cara pandang masyarakat dari analog ke digital. Dia berhasil membuka ruang ekonomi bagi jutaan UMKM dan masyarakat untuk bertransaksi dan mengais rejeki dari platform belanja online yang dia rintis dari nol. Kini bukalapak terus berkembang dan merespon perubahan dunia dengan inovasi dan investasi SDM yang cukup besar. 

Sabtu kemarin Mas Ahmad Zaky datang ke Solo khusus menghadiri seminar Yayasan Al Abidin Surakarta yang bertema "Membekali Generasi Alfa Menuju Revolusi Industri 4.0".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar