Minggu, 23 Desember 2018

Plastik Mengancam Kita

Rasanya sulit kita lepas dari plastik. Setiap hari mustahil tangan ini tanpa bersentuhan dengan plastik. Dan saat ini banyak dinyatakan bahwa penggunaan plastik sudah dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan.

Setelah viral Ikan Paus di wakatobi yang menelan 5.9 kg sampah plastik dalam perutnya membuat penggunaan plastik menjadi dilema di masyarakat. Sebuah lembaga konservasi lingkungan terkemuka merilis sebuah prediksi bahwa pada 2050 jumlah sampah plastik yang terbuang ke laut akan lebih banyak jumlahnya daripada populasi ikan. Meski saya pribadi ragu dengan prediksi hitungan itu tapi gejalanya sudah mulai tampak. 

Sungai dan pantai menjadi sasaran masyarakat untuk membuang sampah yang mayoritas berbahan plastik. Sampah-sampah itu sebagian mengendap di pinggir dan dasar sungai, sementara sebagian yang lain mengalir sampai jauh hingga lautan.

Beberapa daerah sudah mengeluarkan larangan penggunaan plastik dalam transaksi yang sifatnya retail. Tinggal menunggu diseminasinya ke daerah-daerah lain di Indonesia yang merupakan pengguna plastik terbesar kedua di dunia. 

#plasticpollution #saveourseafromplastic #saveourearth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar