Senin, 31 Desember 2018

Lawu Semakin Ramai

Dulu adalah sebuah kemewahan bagi saya bisa berpiknik. Meski tak jauh-jauh, di Grojogan Sewu, Tawangmangu. Membawa uang secukupnya karena memang cuma itu yang kami punya waktu itu. Uang yang cukup untuk naik bus PP, bayar tiket masuk dan beberapa jajanan ringan tidak bersisa setibanya di rumah. Tapi sekarang beda. Lebih banyak pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tapi memang sebanding dengan biaya yang harus kita keluarkan. 

Perkembangan sektor pariwisata saat ini memang luar biasa pesat dimana-mana. Kalo dulu kita berplesir ke Gunung Lawu destinasinya kalo nggak Air Terjun Grojogan Sewu ya Telaga Sarangan saja. Keduanya murni wisata alam yang dilengkapi beberapa fasilitas tambahan di dalamnya. Sekarang banyak sekali objek wisata alam yang dulunya biasa, setelah dimodifikasi dengan beraneka hiburan dan spot foto menjadi magnet wisatawan yang luar biasa. Bahkan, di musim liburan ini sekedar cari tempat parkir saja susahnya bukan main. Bermacam kendaraan roda empat berplat nomor luar kota membanjiri dan mebuat sesak jalan-jalan sepanjang Tawangmangu - Sarangan. 

Saya kira kepuasan kita saat ini bukan hanya menikmati keindahan alam atau bermain-main dengan berbagai macam wahana, tapi juga mengabadikan dan mengupload setiap moment liburan di media sosial. Oleh karena itu, pengelola objek wisata harus pandai merespon gejala seperti ini dengan menyedikan tempat-tempat yang 'ramah selfie',  instagramable dan eye-catching. Ditambah lagi kegandrungan masyarakat kita dalam hal kuliner harus menjadi bagian dari pengembangan objek wisata saat ini. 

Kemarin saat berkunjung ke rumah mbah di Karanganyar, kami berniat mengajak anak-anak menikmati beberapa wahana di Tawangmangu. Belum sampai pasar tw sudah banyak antrian kendaraan menuju ke atas. Memutuskan menuju Bukit Sekipan ternyata bukan pilihan yang tepat. Jalan menuju ke lokasi cukup sempit dan padat. Itupun setiba di lokasi kami kesulitan cari tempat parkir. Setelah berhasil membujuk si sulung akhirnya kami putuskan putar balik turun gunung. Sebagai pengobat kecewa kami mampir ke Taman Balekambang, masih di sekitar Tawanmangu. Hujan membuat kami tidak berlama-lama di sana. Molen Tawangmangu menjadi teman perjalanan kami menuruni gunung lalu menuju Solo. 

Semakin ramai tentunya semakin mengurangi keasrian daerah pegunungan. Meski begitu edukasi tentang pentingnya menjaga alam tetap asri adalah tanggung jawab kita bersama. 

#liburanakhirtahun #karanganyarhits #kabupatenkaranganyar#wisatakarangayar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar